Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Keren Banget

Prediksibola138Timnas Indonesia meninggalkannya, si rekor buruk itu akhirnya terpatahkan. Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Ada empat negara lain yang cetak rekor juga sepanjang sejarah Piala Asia.

Indonesia memastikan kelolosannya pada Kamis (25/1/2024) malam. Tim asuan Shin Tae-yong terbantu hasil imbang Kirgistan vs Oman di Grup F.

Kirgistan vs Oman berakhir imbang 1-1, membuat kedua tim cuma berbagi satu poin. Hasil itu membantu Indonesia bertahan di posisi empat klasemen tim peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023 dengan 3 poin, sementara Oman gagal menyalip Indonesia dengan 2 poin dan akhirnya angkat koper.

Sukses ini membuat Indonesia mencatat sejarah baru. Tim Merah Putih pertama kalinya bisa maju ke babak fase grup Piala Asia.

Pada empat edisi sebelumnya, yakni 1996, 2000, 2004 dan 2007, Indonesia selalu mentok di fase grup. Setelah sempat absen 16 tahun, Indonesia kembali dan bisa langsung ke 16 besar.

Tak cuma Timnas Indonesia yang berbahagia, sebab ada negara lain yang menorehkan catatan serupa. Mereka adalah Suriah, Palestina, dan Tajikistan.

Empat Negara Lain Selain Indonesia

Suriah sedianya menjadi tim yang sudah langganan Piala Asia, dengan 7 kali partisipasi sejak 1980. Namun, Suriah belum pernah ke babak 16 besar usai mentok di fase grup.

Di Piala Asia 2023, catatan itu berakhir usai Suriah maju ke fase gugur. Ibrahim Alma dkk finis ketiga di Grup B dengan 4 poin, dan menjadi salah satu tim peringkat tiga terbaik. Di klasemen tim peringkat tiga terbaik, Suriah menempati urutan 3, di atas Indonesia.

Kemudian ada Palestina, yang juga mencatat sukses serupa. Singa Kanaan mampu finis ketiga di Grup C dengan 4 poin, di bawah Iran dan Uni Emirat Arab. Palestina finis kedua di klasemen peringkat tiga terbaik, sehingga berhak lolos ke babak 16 besar.

Dan terakhir adalah Tajikistan, yang sedianya baru menjalani debutnya di Piala Asia. Tajikistan langsung lolos ke 16 besar berstatus runner up Grup A dengan 4 poin, di bawah Qatar.

Babak 16 besar Piala Asia 2023 digelar mulai 28 Januari mendatang. Timnas Indonesia akan melawan Australia di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *