Mau ke 16 Besar Piala Dunia U-17, Timnas Indonesia U-17 butuh Dukungan dan Apresiasi Be Wise Ya Wahai Netizen!

Prediksibola138Fakhri Husaini berpesan kepada para pendukung Timnas Indonesia jelang pertandingan terakhir grup A Piala Dunia U-17 2023. Ia meminta tolong kepada netizen agar mereka mengurangi hujatan kepada Skuat Garuda Asia sehingga timnas kita bisa bertanding dengan maksimal melawan Maroko nanti. Timnas Indonesia U-17 butuh dukungan dan apresiasi.

Seperti yang sudah diketahui, Timnas Indonesia U-17 menjalani start yang kurang maksimal di fase grup Piala Dunia U-17 2023. Berhadapan dengan Ekuador dan Panama, anak asuh Bima Sakti itu hanya mampu meraih hasil imbang identik 1-1.

Hasil-hasil tersebut membuat sejumlah oknum pendukung Timnas Indonesia U-17 meradang di media sosial. Kritikan dan hujatan mengalir di media sosial para penggawa Timnas Indonesia U-17.

Fakhri mengaku prihatin melihat kondisi ini. “Yang paling penting menurut saya jelang laga ini [vs Timnas Maroko U-17] adalah aspek mental,” buka Fakhri di jumpa persnya baru-baru ini.

Simak komentar lengkap mantan pelatih timnas U-19 itu di bawah ini.

Kritikan Terlalu Berlebihan

Menurut Fakhri, kritikan bertubi-tubi yang diberikan pendukung Timnas Indonesia ke para penggawa Garuda Asia itu berlebihan. Ia khawatir kritikan-kritikan berlebihan itu bisa berpengaruh pada mental para pemain.

“Bima [Sakti, pelatih timnas Indonesia U-17] sempat mengeluh bahwa pemain-pemainnya mendapatkan banyak hujatan ketika hasil draw di pertandingan pertama. Justru yang paling berat tugas coach Bima cara mengembalikan kepercayaan diri pemain,” sambung Fakhri.

“Apakah pemain U-17 ini bisa mengabaikan semua penilaian negatif di medsos? Ini gak mudah, saya pernah mengalami itu ketika pegang Timnas U-16 dan U-19. Yang paling berat ketika Pemain yang sudah berjuang tidak mendapatkan penghargaan yang layak.”

Ekspektasi Berlebihan

Menurut Fakhri, komentar-komentar pedas yang beredar di media sosial itu menunjukkan ekspektasi berlebihan bagi para penggawa Timnas Indonesia U-17. Ia berharap para pendukung Timnas Indonesia bisa lebih bijak mengenai hal itu.

“Mereka [pemain timnas Indonesia U-17] masih 17 tahun, harapan kita terlalu tinggi. Sah-sah saja harapan kita terlalu tinggi, tapi jangan bebani mereka dengan beban yang tidak sanggup mereka pikul,” lanjut Fakhri.

“Tentu anak U-17 cara merespon kritik itu berbeda dengan U-20 apalagi tim senior. Yang saya khawatirkan justru ketika pemain-pemain ini masih belum bisa move on dari kritikan netizen, penilaian-penilaian lain yang tidak memberikan apresiasi atas perjuangan mereka.”

Berikan Dukungan dan Apresiasi

Coach Fakhri juga berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk bisa memberikan apresiasi kepada para pemain Timnas Indonesia U-17. Apapun hasil yang akan mereka dapatkan nanti, ia berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa mengapresiasinya.

“Syukur kemarin mereka dapat satu poin [di pertandingan kedua], setidaknya ini bisa membantu mereka untuk mengembalikan kepercayaan diri setelah mereka melawan Ekuador mendapatkan banyak kritikan. Namun ketika mereka mendapatkan satu poin, sudah mulai banyak yang memberikan pujian,” sambung Fakhri.

“Dukungan-dukungan ini yang mereka perlukan. Tanpa peduli apapun hasil timnas kita setelah penyisihan grup ini apakah lolos atau tidak, Mereka layak dapat apresiasi terutama karena capaian mereka saat ini.”

“Mereka tidak pernah kalah, mereka memasukkan dua gol, kebobolan dua gol mereka juga bisa tampil lebih baik di pertandingan kedua. Mari kita berharap semoga di pertandingan ketiga, pertandingan melawan Maroko mereka bisa tampil lebih baik lagi,” ia menandaskan.

Jadwal Pertandingan Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Kamis, 16 November 2023
Maroko Vs Indonesia
Gelora Bung Tomo
Pukul 19.00 WIB

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *