Dibutuhkan Penjelasan Permasalahan Gol Timnas Irak Offside

Prediksibola138 -Laga tadi malam antaera Timnas Indonesia vs Timnas Irak telah berakhir dengan kekalahan bagi Indonesia. Menyisakan sebuah kontroversi Piala Asia 2023. Gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid dinilai bisa diperdebatkan karena ada potensi offside.

Timnas Indonesia berjumpa Irak pada duel di Stadion Ahmed Ali, Senin (15/1/2024) malam WIB. Pasukan Shin Tae-yong menelan kekalahan dengan skor 1-3.

Irak unggul pada menit ke-17 dari gol Mohanad Ali. Lalu, Indonesia menyamakan skor dari aksi Marselino Ferdinan pada menit ke-37. Irak menang berkat gol Osama Rashid dan Aymen Hussein.

Gol kedua Irak, yang dicetak Osama Rashid pada menit 45+7, mendapat protes keras dari kubu Indonesia. Pada prosesnya, ada potensi offside dari pemain Irak. Buruan di check ulasan lengkapnya ya.

Proses Gol Osama Rashid

Dimulai dari lemparan ke dalam Ali Adnan, terjadi kemelut di depan gawang Timnas Indonesia. Ali Adnan lalu melepas umpan crossing yang bisa dijangkau Osama Rashid dan diteruskan pada Mohanad Ali.

Ernando Ari mampu menepis dan membuang bola ke luar kotak penalti. Namun, pemain Irak bisa menguasainya lagi.

Bola kemudian berada dalam penguasaan Ali Jassim. Dia melepas shots yang bisa ditepis Ernando. Hanya saja, bola berada dalam arah lari Osama Rashid yang kemudian mencocornya untuk menjadi gol.

Bagi fans Indonesia, ada kontroversi pada momen pertama. Saat Osama Rashid melepas umpan pada Mohanad Ali. Posisi Ali dinilai sudah offside, tetapi wasit memutuskan onside. Gol Osama Rashid disahkan.

Harusnya Gol Irak Offside

Jika melihat tayangan ulang dan potongan gambar yang beredar di media sosial, ada potensi gol Osama Rashid offside. Momen offside itu terjadi pada serangan pertama, saat Mohanad Ali menyundul bola yang digagalkan Ernando Ari.

Namun, wasit Ilgiz Tantashev memutuskan onside. Ada dua kemungkinan yang terjadi pada momen itu sehingga wasit memilih tidak menyatakan offside.

Pertama, wasit mungkin menilai Osama Rashid tidak mengenai bola atau tidak dengan sengaja memainkan bola. Jadi, Mohanad Ali berada dalam posisi onside. Namun, argumen ini tidak kuat karena gerakan Osama Rashid jelas disengaja.

Kedua, Tantashev mungkin menilai ada dua serangan yang berbeda yang tidak saling terkait. Serangan pertama, yang diduga ada offside, dinilai sudah gagal karena bola sempat ada dalam penguasaan Rafael Struick.

Nah, Struick kemudian gagal menguasai bola dan Irak membangun serangan kedua. Jadi, wasit mungkin menilai tak ada kaitan antara momen offside pada serangan pertama dan serangan kedua.

Permasalahan Gol Di posisi Offside!

Shin Tae-yong jelas tidak terima dengan keputusan wasit mengesahkan gol Osama Rashid. Pelatih Timnas Indonesia itu meyakini bahwa ada offside dalam proses gol kedua Irak. Bahkan, keyakinan itu mencapai 100 persen!

“Gol kedua Irak tidak bisa saya terima, karena 100 persen offside,” ujar Shin Tae-yong saat konferensi pers setelah laga.

“Karena keputusan yang salah dari wasit, ini memberikan pengaruh dan sangat disayangkan karena itu adalah momen yang krusial dalam pertandingan ini,” sambung pria asal Korea Selatan itu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *